Sabtu, 10 Desember 2011

jenis jenis koneksi intenet

Sering kali kita tidak menyadari, bahwa ketika kita sedang asyik membuka browsing atau chating dengan kawan-kawan, saudara saudara atau kolega yang jauh dari kita ada yang di lain kota bahkan ada yang di negeri tetangga..., Sampai ke negeri jauh... yah hanya sekedar mengobrol, Sharing, atau bahkan mengirim Email... Cari kawan baru di jejaring sosiall seperti Facebook, Yahoo masanger dan lain sebaginya. Atau sekedar browsing cari situs situs baik situs yang ehem... sampai situs situs yang bermanfaat dan ribuan jumlahnya di dunia maya ini.

Dalam kesempatan ini penulis akan membahas bagai mana terjadinya hubungan internet dari mulai pengenalan jenis perangkat dan componennya sampai terjadinya koneksi ke situs situs baik seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya secara singkat dan hanya sekedar sebagai tambahan wawasan buat kita.

Apa itu koneksi? koneksi dari kata konek istilah umumnya adalah tersambung, bisa juga nyambung, ada celetukan dari para newbi (pengemar internet) "wah payah bener ya ngonekin internet nya punya ISP A, konek nya cepetan punya ISP nya B".

Ok sebelum kita berbicara lebih lanjut mari kita perkenalkan satu persatu jenis-jenis atau component-component system yang menjadikan sebuah browsing terbangun dari ruang kamar pribadi, ruang tamu, kantoran atau di tempat-tempat umum seperti warnet, fasilitas hotspot wireless.

Network Component/jenis perangkat jaringan internet terdiri dari: CPE, AKSES, akses ada 3 macam yairu akses wired, akses wireless dan akses kombinasi (wired dan wireless), NETWORK dan SERVER.

1. CPE atau singkatan dari Customer Presmises Equipment yang lebih umum di kenali sebagai TERMINAL CLIENT digunakan untuk memanfaatkan service atau fitur jaringan berupa PC/Laptop, Komputer, TV, Telepon atau perangkat multimedia lainnya.

2. AKSES ialah sebagai media yang digunakan oleh terminal client/CPE agar tersambung ke Node Network di atasnya atau ke Network Intervice, betuknya bisa berupa wired (kawat/kabel), wireless, atau kombinasi kedua duanya.

Jenis Wired:

2 kawat menggunakan dan memanfaatkan jaringan physic atau jaringan telepon (PSTN atau dedicated list) dan menggunakan modem sebagai akses, baik modem xDSL atau modem DIAL UP.

8 kawat menggunakan kabel UTP itu kabel UTP (RJ 45) itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP, singkatan dari "Unshielded Twisted Pair". Biasa nya aksesnya lansung ke NETWORK (Converter E1, router dsb)

HUB (SWITCH HUB) merupakan extensi agar jalur akses bisa di gunakan oleh beberapa CPE (terminal client).

Jenis Wireless

Menggunakan mobile telepon bergerak seperti GSM, CDMA
Menggunakan wireless standard broadband (201x) seperti wi-fi, Wimax.

Akes kombinasi

Menggunakan berbagai jenis akes wired dan ases wireless. Secara bersamaan.

Jenis modem ada 2 yaitu DIAL UP dan xDSL, dial up mempunyai kecepatan sampai dengan 56 kbps (pstn) atau 112 kbps untuk ISDN simetrik antara Upload dan Download.

Modem xDSL kecepatan nya tergantung dan bervarasi biasanya sudah di golongkan sebagai broadband Accsess sda simetrik dan asimetrik.

Modem ber fiture wired akses dan koneksinya menggunakan kabel UTP/RJ 45 .Akesenya lansung ke network (lewat router atau hub) ada menggunakan USB atau wireless.

Modem ber fiture wireless seperti CDMA yang tergantung jenisnya kecepatan mulai 153 kbps sampai 2Mbps.GSM dengan 19 Kbps samapi 384 Kbps , Wi-Fi kecepatannya 56 Kbps dengan standart akses A,B atau G.

3. NETWORK sebagai jalur pendistribusian dan pengaturan trafick dari satu interface node ke node yang lain.komponen utama dalam network adalah Router,fungsi router adalah menyediakan fungsi routing menjaga QOS (quality of service) jika di butuhkan dan beberapa jenis router juga memberikan fungsi sebagao security dan filtering.

4.SERVER adalah komponen ter akhir dalam Network Component adalah server. Server merupakan pemberi servis pada network.

Jenis server: server FTP lebih dikenal sebagai file transfer transfer protocol, server DNS Domain Name System adalah suatu server yg berfungsi sebagai mentransmisikan alamat web ke IP, server BRAS (Broad band Remote Accses Server)adalah server pendistribusian alamat IP, VoIP server digunkana untuk VOIP dan WEB server berfungsi sebagai penyimpan WEB Page.

Itulah jenis komponen-komponen di dalam dunia maya internet.baik yang bersifat physical yang bisa dilihat maupun non physical Secara sederhana sebuah web terdiri dari PC, ISP SERVER dan ROUTER untuk melakukan Informasi.

Bagaimana cara kerja subuah WEB?, misal kita akan mengunjungi Website nya Google atau kompas.com atau yang lain:

1. Masukan alamat atau URL website tersebut pada browser http://www.google.co.id.
2. browser akan meminta semua file data yang berisi web page dari web server dari dite google.
3. Server akan mengirimkan data melalui internet ke komputer/PC kita.
4. Web Browser akan meng Intreprestasikan data tersebut dan menampilkan ke layer komputer.
5. Web site google akan me link informasi dari website lainnya ( misal iklan).
6. Bila kita me klik linl tersebut maka kita akan meng akses we server dari website tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar