Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi."  Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata  "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut  disebut sebagai komputer.
Kata  computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang  melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu.  Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut  digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang  yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat  hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada  para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage  mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin  analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule  juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Jenis :
 Sekalipun  demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa  memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan  komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka  dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi  sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan  dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang  bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa depan  (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan  ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum"  dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum"  bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru  Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode ini.Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video,  PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat  elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer  yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa  program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam"  (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi  komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi,  daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Komputer  pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang  dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak  akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja  yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang  lebih spesifik dan tepat.
Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
modul memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte  yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing  berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah  untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin  berisi data  yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot  mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin  saja kemudian menjadi perintah.
Memori  menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang  belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah  instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka.  Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka  biner) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih  kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan  berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell  dinamakan sebuah byte.
Secara  umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat  diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus  kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran  masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer  ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara  hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa  (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks  magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU  berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan  menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti  pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan  storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam  arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika  dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern,  kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated  Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika,  atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan  pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan,  dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT),  dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua  slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol  menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan  ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang  diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali  hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol  pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya,  kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan yang memberitahukan  kepada komputer bahwa perintah berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Masukan dan hasil
I/O  membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh  hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik  (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode  data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer.  Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah  yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi.  Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang  dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer  ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di sel 456",  "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan  "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi  diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin  menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh  komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin  komputer. Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk  komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman  "tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin  secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).  Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,  seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur 
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit Pemroses Sentral  atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa  sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS. Alat yang menempati sebagian besar  ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk  menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa  komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama -  mereka mempunyai beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara  bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar  untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara  signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit  penggunaan komersial.
Fungsi  dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer  mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil  disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai  komputer dimatikan.
Program
Program komputer  adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali  dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan  perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah  komputer pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 miliar  perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa  mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka  melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai,  pemrogram. "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah untuk  melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu  membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa  ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program  sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai tugas ganda.  Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari satu program, kemudian  setelah beberapa saat, UPS beralih ke program kedua dan melakukan  beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke  sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal program lipat  ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu UPS di  antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja  masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi  ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam  kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program  komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram akhirnya menmindahkannya ke  dalam sistem operasi.
Sistem  operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang  mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga  memberikan servis kepada program lain, seperti kode (penggerak) yang  membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa  perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Penggunaan komputer
Anak-anak sedang belajar penggunaan komputer bersama sang guru.
Komputer  digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar  untuk pembuatannya. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk  mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC,  komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu  balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang  neutron untuk melihat jika bom hidrogen  akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada  Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari  satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II.  Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan  membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data  dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia -  misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam  bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer  untuk analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka  dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan  pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer kecil untuk  menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer kerangka utama  yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi  diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC  menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis  dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang  matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus,  komputer kecil, biasanya dengan mengatur memrogram, mulai menemukan  cara mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat  terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam  menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan  kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem  di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik,  kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi  pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan  bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
 - Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
 - Hard drive, media penyimpanan semi permanen
 - Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
 - Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
 
Perangkat lunak
- Sistem      operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya 
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
 - AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
 - IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
 - USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
 
Jenis komputer
- Komputer analog
 - Komputer pulsa
 - Mikrokomputer
 - Komputer rumah (home computer)
 - Komputer pribadi (PC)
 - Server
 - Minikomputer
 - Mainframe computer
 - Superkomputer
 

Tidak ada komentar:
Posting Komentar